Berikut Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 :
- MANAJERIAL
- Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
- Merumuskan visi sekolah/madrasah
- Membedakan rumusan visi dan misi
- Merumuskan misi sekolah/madrasah
- Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
- Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
- Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
- Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
- Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
- Mengarahkan perencanaan evaluasi program
- Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
- Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
- Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
- Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
- Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
- Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
- Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
- Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
- Menganalisis kebutuhan guru dan staf
- Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
- Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
- Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
- Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
- Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
- Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
- Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
- Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
- Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
- Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
- Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
- Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien Menyusun RKAS
- Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
- Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
- Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah / madrasah
- Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
- menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
- Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
- Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
- Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah
- USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH
- Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
- Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
- Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
- Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
- Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
- Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
- Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
- Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
- Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar
- Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
- Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
- Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
- Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
- Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
- Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
- Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
- Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
- Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan
- Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
- Merumuskan tujuan layanan khusus
- Menyusun program unit layanan khusus sekolah
- Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
- Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
- Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
- Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
- Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
- Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
- Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
- Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
- Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
- Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
- Kepemimpinan Pembelajaran
- Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
- Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
- Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
- Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.
- Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal
- Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
- Mendukung iklim pembelajaran akademis
- Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
- Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
- Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
- Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
- Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran
- Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
- Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
- Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran
- Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
- Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
- Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah
- KEWIRAUSAHAAN
- Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah
- Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
- Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah
- Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
- Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
- Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
- Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah
- Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
- Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
- Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan
- Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah
- Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
- Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
- Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik
- Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
- Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah
- SUPERVISI
- Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
- Menyusun program supervisi akademik
- Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
- Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
- Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
- Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
- Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
- Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
- Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
- dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
- Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
- Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
- Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
- Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
- Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
- Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
- Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
- Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
- Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
- Menentukan langkah-langkah supervisi klinis
0 komentar:
Posting Komentar